8a_Informatika dan pembelajarannya
Salam sobat saulinafajrin selamat berjumpa lagi dengan blog dalam sobat, pada kali ini berjudul " 8a_Informatika dan pembelajarannya" selamat membaca dan jangan lupa untuk memberi komentar
A. Prinsip yang perlu dipahami oleh peserta didik
1. Informatika didasari berpikir komputasional (computational thinking) sebagai landasan berpikir titik berpikir merupakan elemen paling penting dalam belajar.
2. Informatika bukan hanya memakai gawai atau komputer tetapi juga memakai aplikasi (perangkat lunak) dan memahami sistem komputasi. Informatika merupakan salah satu cabang ilmu seperti halnya matematika, biologi,dan ekonomi.
3. Informatika terdiri atas konsep keilmuan dan praktik, dikemas dalam aktivitas pembelajaran yang diharapkan akan menjadi pengalaman belajar yang menyenangkan, bermakna dan berkesan untuk kemudian dapat diterapkan dalam menyelesaikan persoalan kehidupan sehari-hari.
4. Informatika merupakan ilmu yang berinteraksi dengan semua bidang lain . oleh sebab itu, setelah belajar informatika, kalian perlu memikirkan: apa kaitannya dengan mata pelajaran dan bidang lain? Apa yang kudapatkan pada pembelajaran informatika? Apa yang dapat membantuku untuk memahami mata pelajaran lain dengan lebih baik dan sebaliknya? Apa yang dapat ku terapkan untuk menyelesaikan persoalan yang kuhadapi dalam kehidupan sehari-hari?
5. Pembelajaran informatika akan mendidik kalian suatu hari menjadi pencipta ide karya digital kreatif, aplikasi atau sistem komputasi di dunia digital bukan hanya sebagai pengguna teknologi atau konsumen produk.
6. Pembelajaran informatika kelas VIII ini dilakukan sebagai kelanjutan pembelajaran kelas VII, untuk pendalaman konsep informatika dan pembentukan keterampilan dan pembentukan karakter yang mencerminkan profil pelajar Pancasila.
B. Kilas balik mata pelajaran informatika kelas VIII
1. Pada bab berpikir komputasional BK) , kalian telah belajar menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dalam kehidupan sehari-hari yang didalamnya terdapat aspek informatika, khususnya algoritma optimasi penjadwalan struktur data list, dan representasi data.
2 pada bab teknologi informasi dan komunikasi (TIK), kalian telah belajar mengenai pembuatan karya digital berkomunikasi via surel, menggunakan peramban untuk mencari informasi serta mengelola file dalam folder.
3. Pada bab sistem komputer (SK) , sekalian belajar mengenai definisi komputer komputasi dan sistem komputasi bagian-bagian utama komputer dan fungsinya, interaksi perangkat keras dan perangkat lunak dengan piranti lain yang terhubung.
4. Pada bab jaringan komputer dan Internet (AD), kalian belajar tentang pengelolaan dan penyajian data bervolume kecil untuk tujuan tertentu. Jika toolsnya tersedia, kalian telah merasakan betapa praktisnya mengolah dan memvisualisasi data dengan menggunakan aplikasi. Visualisasi menjadi lebih menarik dan memudahkan analisis dan interpretasi data, bukan?
6. Pada bab algoritma dan Pemrograman (AP), kalian belajar membuat karya kreatif yang diprogram, dengan menyusun dan merangkai blok-blok visual. Ini ibaratnya kalian bermain Lego, untuk menyusun suatu karya, tetapi bedanya adalah bahwa karya berupa program dapat dijalankan (dieksekusi) sesuai urutan perintah programnya sehingga bisa menjadi karya interaktif.
7. Pada bab dampak sosial informatika (PLB), kalian juga belajar bekerja sama dengan teman-teman kalian untuk membuat karya dan mencoba menyelesaikan masalah menggunakan pengetahuan yang kalian pelajari pada bab-bab lain.
4. Pada bab jaringan komputer dan internet (JKI), kalian akan belajar mengenai teknologi komunikasi pada telepon seluler, jaringan lokal dan internet, proteksi data di internet, serta routing jaringan komputer.
5. Pada bab analisis data (AD), kalian akan belajar lebih dalam dibandingkan dengan kelas VII mengenai pengelolaan data, pencarian data, peringkasan data, dan visualisasi data.
6. Pada bab algoritma dan pemrograman (AP), kalian akan belajar pemrograman menggunakan dua bahasa pemrograman visual, yaitu scratch dan blockly. Mengapa harus dikenal dua bahasa pemrograman? Karena bahasa pemrograman itu hanya digunakan untuk coding. Konsep pemrograman yang sama dapat diimplementasi dalam bahasa pemrograman yang berbeda. Dalam kehidupan, kita tidak bisa hidup hanya dengan satu bahasa, bukan? Misalnya, kalian minimal belajar bahasa Indonesia dan bahasa daerah selain itu, jika fasilitas di sekolah memungkinkan, kalian dapat belajar pemrograman dengan menggunakan robot kecil, yaitu ozobot.
7. Pada bab dampak sosial informatika (DSI), kalian akan belajar mengenai media sosial, cyberbullying , pengkajian informasi secara kritis. Apa yang baik sebaiknya menjadi dasar kalian berperilaku di dunia maya. Apa buruk, membahayakan diri, atau buahkan kurang baik di media sosial, sebaiknya kalian hindari. Modul dsi menyajikan kasus-kasus yang dapat menjadi bahan renungan kalian dapat menentukan sikap, berkreasi, dan berperilaku di dunia maya.
8. Pada bab praktik lintas bidang (PLB),kalian juga belajar bekerja sama dalam kelompok , bergotong-royong untuk membuat karya dan mencoba menyelesaikan masalah menggunakan pengetahuan yang kalian pelajari pada bab-bab lainnya.
Terima kasih atas kunjungan saulinafajrin semoga blog ini terus berkembang serta berguna bagi semua pembaca serta memberi manfaat.
Komentar
Posting Komentar