Bab 4 Sistem Komputer

A. Komponen Sistem Komputer

1. Perangkat Keras (Hardware)

2. Perangkat Lunak (Software)

a. Sistem Operasi

b. Perangkat Lunak Aplikasi

c. Perangkat Lunak Pemrograman

B. Pengalamatan Memori

1. Sistem Heksadesimal

2. Pengalamatan Memori dengan Heksadesimal

C. Central Processing Unit

Bab 5 Jaringan Komputer dan Internet

A. Jaringan Komputer

1. Jaringan Lokal

2. Jaringan Internet

3. Konfigurasi Jaringan Komputer 

4. Routing Pada Jaringan Komputer 

B. Komunikasi Data pada Ponsel

C. Terhubung ke Internet dengan Aman

1. Web Phishing

2. Setting Keamanan pada Browser

Bab 6 Analisis Data

A Pencarian Data

1. Pencarian Data dengan Fungsi Lookup

2. Pencarian Data dengan Fungsi Reference

B. Visualisasi Data

C. Peringkasan Data

1. SUMIFS dan COUNTIFS

2. Pivot Table Satu Dimensi

3. Pivot Table Dua Dimensi

D. Pengelolaan Data

E. Studi Kasus 

1. Tantangan-Pencarian Data

2. Tantangan- Peringkasan dan Visualisasi Data

3. Tantangan Pengelolaan Data

Bab 7 Algoritma Pemrograman

A. Eksplorasi Lanjutan Scratch

1. Kode Control, Input, dan Variable

2. Kode Custom Block

B. Pengantar Blockly Games dan Eksplorasi Puzzle Maze

C. Eksplorasi Blockly Games Music

D. Eksplorasi Sprites dengan Blockly

E. Pengenalan Pemrograman Prosedural

1. Variabel

2. Percabangan

3. Pengulangan

F. Modul Tambahan - Bermain dengan Robot Ozobot

Bab 8 Dampak Sosial Informatika

A. Media Sosial

1. Klasifikasi Media Sosial

2. Dampak Media Sosial

B. Mengkaji Kritis Informasi Media Sosial

1. Mengembangkan Pemikiran Kritis

2. Memeriksa Sumber Informasi

3. Melakukan Check and Recheck dari Liputan Lain

4. Cek Validitas Gambar

5. Gunakan Akal Sehat

C. Penindasan siber

1. Perilaku Penindasan Maya

2. Tanya-Jawab Seputar Perundungan Dunia Maya

a. Bagaimana menentukan seseorang sedang dirundung atau masih dalam konteks bercanda?

b. Dampak apa yang dapat diakibatkan oleh perundungandunia maya?

 c. Bagaimana jika kalian dan teman kalian menjadi korbanc yberbullying?

 d. Bagaimana kita menghentikan cyberbullying tanpa menghindari akses ke internet?

e. Bagaimana cara mencegah informasi pribadi agar tidak digunakan untuk memanipulasi atau mempermalukan kita di media sosial?

Bab 9 Praktik Lintas Bidang

A. Media Interaktif Lempeng Bumi

1. Media Interaktif Lempeng Bumi

2. Media Interaktif Lempeng Tektonik Indonesia

B. Mesin Hitung Uang Koin

C. Modifikasi Tampilan Mesin Hitung Uang Koin

GLOSARIUM

DAFTAR PUSTAKA

SUMBER GAMBAR

INDEKS

PROFIL PENULIS

PROFIL PENYUNTING

ILUSTRASI PROFIL

Komentar

Postingan populer dari blog ini

8a_Pelaksanaan maulid nabi

8a_Harapan belajar informatika

C. Hijrah ke habsyi